Malaysia patenkan Ikan Arwana

Ikan arwana merupakan ikan hias yang memiliki nilai jual mencapai ratusan juta rupiah. Untuk ikan arwana sepanjang lima sentimeter, harganya mencapai Rp 4 juta per ekor. Sedangkan yang dewasa bisa dihargai Rp 300 juta per ekor. Selain mahal, ikan arwana jugIkan Arwanaa dipercaya sebagai pembawa keberuntungan.

Keistimewaan itulah yang membuat para pencinta ikan arwana di Pontianak, Kalimantan Barat, baru-baru ini, tertarik mengikuti kontes. Dalam kontes itu ditampilkan puluhan ikan arwana. Namun tahukah Anda, jika harga ikan arwana yang menjulang bertolak belakang dengan kemunculan awal ikan ini. Sebelumnya, penduduk setempat hanya menjadikan arwana sebagai bahan buat ikan asin yang harganya beberapa ribu rupiah saja.

Sayangnya, ikan hias termahal di dunia ini terancam dipatenkan oleh Malaysia. Pasalnya, negara tetangga itu saat ini tengah mengembangbiakkan arwana merah secara besar-besaran. Bila pemerintah Indonesia tidak bertindak cepat, jangan heran lagi-lagi Malaysia mematenkan sesuatu yang khas milik Indonesia.
source: Liputan6.com

About these ads
This entry was published on Juni 12, 2008 at 8:43 am. It’s filed under Berita and tagged , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

50 thoughts on “Malaysia patenkan Ikan Arwana

  1. Dasar Malaysia, apa2 yang sebenarnya merupakan hak Indonesia diambil…..
    Indonesia jangan mau bersahabat dengan malaysia….
    Malaysia seringkali berkedok Negeri Serumpun…..untuk mendekati Indonesia
    Nyatanya Tahi Kucing Bro….
    Sudah Waktunya Indonesia memberi pelajaran terhadap Negeri Macam Malaysia dan Singapura
    Jika bisa Bahasa Indonesiapun diakui bahasa mereka dan dipatenkan.

  2. nyante aj boss, toh orang juga tau endemik arwana itu dimana,,kalimantan kan jg indonesia :)

  3. aduh ngga tau deh itu malaysia emang rese abis, dah sering ngambil barang orang, nyontek karya orang, sering mempekerjakan orang tanpa bayaran, lengkap deh itu negara, pantesnya diapain ya ya ya, ada ide..?

  4. bagaimana cara budidaya arwana di rumah? kira-kira anggarannya berapa? makasih

  5. jgn percaya ama malaisia..negaranya sbnrnya lbh kaya indonesia…

  6. Kita memang selalu terlambat….hati..hati….kotoran orang indonesia pun kalo ngak cepet bakal di patenkan juga….hati..hati boker bro….malaysia mengincar hasil boker mu….ha..ha..ha…

  7. malaysia pantek….

    ajakin j perang tuch malaysia ngepet….

    tw ga…???
    klo smua orang indonesia datang ksana buat ngeludah j,,,
    bkalan tenggelam tuch malaysia….

    dasar malaysia perex……

    • wuih..
      mhal jga ya hrga ikan ni..!
      dlu gw pnya tuh arwana dri brazil,tpi dh gw jual murah..cma 600rb,pdahal pnjng’a dh 25 sentimeter+aquarium’a.
      gw ga tw tuh klo hrga’a slangit..

  8. brojol on said:

    Dsar malay taek….otak orang2 sana isinya mencuri aja!!! Gmana nih pemerintah, apa mau bengong aja kayak ayam linglung…berbuat sesuatu dong…jangan cuma bisa korupsi aja!!! Wahai pemimpin bangsa inilah yang terjadi jika kalian sibuk menggerogoti kekayaan negara layaknya TIKUS..anda tidak sdar negeri anda di gerogoti oleh TIKUS ASING

  9. klo pilek truuzzz menerooooooooeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeessssssssssss,makana jgn flu,nti begadang

  10. sama-sama dong

  11. ….kalo gw jadi Tuhan…. dah gw matiin aja seluruh orang malaysia yang otaknya suka ngaku2in milik orang lain…
    kaga pada punya kerjaan kali ya selain ngaku2in hak orang indonesia…..
    dikirim persahabatan ech malah ngirimin tukang ngebom lagi……..
    dasar Malaysia Gueeebbbblleeeekkk…….

  12. subhanallah……
    kenapa dengan malaysia ini,msih blm puas aja setelah mengambil HARTA NENEK MOYANG bangsa indonesia yg begitu berharga sekarang mo patenkan arwana.
    Dari situ SANGAT JELASLAH bahwa malaysia SAMA SEKALI TIDAK MEMPUNYAI APA-APA dalam segi materi maupun non materi,itulah kalo pemerintahannya adalah KERAJAAN yg bertindak SEMAU SENDIRI tanpa memikirkan masyarakatnya apalagi negara tetangga.
    Satu-satunya jalan PUTUSKAN DIPLOMASI dengan negara BIADAB tsb
    tarik smua TKI kita,kita mampu kalo kita mmg bner2 bisa dan yakin slama kita berusaha n berikhtiar!!!!
    BANGSA ini adalah MILIK KITA dari SABANG smp MERAUKE dan segala isinya adalah MILIK KITA,jangan pernah merasa dremehkan dalam segalah hal ttp kita adalah BANGSA INDONESIA!!

    kpn q bs pny arwana super red dgn harga murah
    call me dong mas….

  13. go to hell malaysia!!!!! serumpun tapi maling…

  14. emang tuh dasar malaysia tahi anjing…
    semua hasil karya orang indonesia di hak patenkan ama malaysia
    untung aja flu babi gak dipatenkan ama malaysia kalau gak kan bisa perang ama luar negari tuh.
    kasih aja semua ama malaysia tuh.. biar di hak patenkan…….. sampai tahi terbesar juga ntar dari malaysia… ha ha……………………..ha

  15. cik bung on said:

    ooooo…malaysia emg negara KERE….
    Ayo sesegera diatasi biar kapok lama2 jakarta pun diakui ibukota Provinsi Malaysia…

  16. hidup malaysia,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,memank hebad malaysia tuh,,,,,,,,,,!

  17. kebudayaan indonesia banyak yang di akui….
    kenapa noordin M.top gk di akuin yach

  18. Malingsia…………………..!!!!!!!!!!!!!

  19. Aprian Pimo on said:

    gx pake otak mtu malaysia

  20. Aprian Pimo on said:

    ntar tempuyak juga dipatenkan ma malaysia dodol itu

  21. ikan d jakarta banyak skli tertama ikan arwana super red asli indonesia yg mhl skli hargnya bs mencpai rtusan jeti rupiah

  22. Dh,
    Melihat dari pola malaysia suka ribut2 patenkan barang asli indonesia bisa jadi negara malaysia adalah pemegang hak eksklusif utk perizinan paten dunia utk wilayah asia tenggara(ini juga masih rumor)jadi tuh negara sengaja panas2in indonesia agar segera patenkan trs si malaysia dapat royalti utk urus patennya…perlu diketahui bahwa ide,barang atau sesusatu yg sudah dipatenkan lebih dari 50tahun maka menjadi brang NONAME alias bebas utk umum nah lo bingung khan…
    Yang penting negara kita harus menghargai budaya asli indonesia pada setiap kesempatan misal batik,17an,demo dll sehingga menjadi warisan budaya dunia lo bukan hanya di tanah air ingat bro n sis kita itu negra kelima terbesar di dunia jumlah penduduknya klo kita buat tren sendiri pasti negra lain pada ikutan percaya deh….
    Br,
    fitra

  23. DASAR MALAYSIA,SEMUA YG ADA DIINDONESA DIAKUIN PUNYA DIA,SAMPAI-SAMPAI GEMPA DIINDONESIA MILIK MALAYSIA KATANYA ,AMBIL AZA KLU GEMAPA INDONESIA RELA KO,AMBIL AZA,HEEEEEEE ?

  24. malaysia…2x.ada2 aja tuh… gwe tetep dukung indonesia tuh walaupun kepemerintahanya cm ngurusin perut sendiri2 aja.mungkin nanti anak gw bs mengatasinya,,,,,,,,,,, amin.. bangkitlah anakku nur wahid hakim… jadikan namamu no 1 di indonesia

  25. Terkutuklah kau Malingsiaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!

  26. ADUH MALINGSIA ITU EMANG GA KREATIF & SEKARANG MEREKA MENGIRIM BAND MELAYU UNTUK MEMATIKAN MUSIK ASLI INDONESIA SUPAYA MUSISI INDONESIA GA LAKU DI INDONESIA MAKANYA SAYA GA SUKA BAND MELAYU ABIS SUARANYA KAYAK ORANG SEMBELIT!HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAH!

  27. namanya saja MALINGSIYA..dimana2 tetap aja M A L I N G

  28. xerious on said:

    gak komen deh…dah gak heran denger berita dari malaysia(negri plagiat)pa yang bisa dibanggakan dari negri malaysia.pa za punya indonesia di akuin.dari adat budaya,makanan,sampe ikan hias dia akuin…gak malu pa ma negara laen…??gak punya otak

  29. g perlu kt menghujat sana sini,kalo rumah kita dicuri jgn menyalahkan maling salahkan diri kt sendiri napa g bisa jg n melindungi rmh kt,artinya kt yg teledor n GOBLOK,SDH KEMALINGAN BARU TERIAK MALING PAKE DONK OTAK,KALO KT HEBAT N LBH PINTER DR BGS LAEN KOK BISA KECOLONGAN…ARTINYA KITA INI..GUOOOOOBBBLLOOOKKKKKKKKK..BLOK..BLOK…BLOK…

  30. malaysia golden on said:

    kacukan ikan adalah untuk menghasilkan generasi and jenis ikan terbaru bukan ciplak..lagipun kat malaysia nie yang paling mahal malaysia golden yang dalam dunia cuma terdapat diperak…kalau setakat merah indonesia yang kat cnie tak berminat pun…orang duk cari yang golden bukan merah…so jgn lah koramg perasaaaan sgt…mgkn koramhg kena datang cnie tgk laku ker red indonesi korang kat cnie….susah nak cari market…keparit

  31. ___JERATAN____ on said:

    ni BROOO . . .dari BOERNOE malingsia gak habis2nya mengambil hak INDONESIA perusahan yg mana sih yg mengembangkan penakaran ikan arwana itu . . .atau nama orangnya siapa sih BROOO . . .kok kamu gak kretif dr tempatku sini kalbar kamu sering beli itu . . .itu ada memang broo . . .yg sering beli ikan arwana itu orangnya kecil2 dia sering tiga orang bolak-balik nanya2 harga ikan arwana itu tp sepertinya dia mau beli itu harga murah jadi kadang jejeran saya ini gak mau jual sama dia . . .nanti kapan dia ada saya tanya siapa2 namanya orang itu.
    maksud saya, saya tanya nanti kalau dia beli ikan arwana tolong jangan di akui bahwa ini ikan dari malingsia . . . .ini ikan dari INDONESIA gimana brooo.. . .ok salam merah putih
    DARI B O E R N E O ( kalimantan )

  32. dedy saputra on said:

    malaysia golden
    Juli 13, 2010 pukul 6:34 pm

    kacukan ikan adalah untuk menghasilkan generasi and jenis ikan terbaru bukan ciplak..lagipun kat malaysia nie yang paling mahal malaysia golden yang dalam dunia cuma terdapat diperak…kalau setakat merah indonesia yang kat cnie tak berminat pun…orang duk cari yang golden bukan merah…so jgn lah koramg perasaaaan sgt…mgkn koramhg kena datang cnie tgk laku ker red indonesi korang kat cnie….susah nak cari market…keparit.

    GA SALAH LU GW PUNYA GOLDEN RED AJA GW JUAL CUMA RP. 2,3 JUTA PANJANG 35 CM TRUS GW BELI ARWANA SUPER RED RP. 3,5 JUTA PANJANG 12 CM ALIAS MASIH BABY… NIH REAL YANG GW ALAMIN, BERARTI ARWANA SUPER RED YG PALING MAHAL…

  33. teguh wiyono on said:

    arowana super red tu habitat aslinya di indonesia,maksutnya pa malaisia,mw ngajakin perang x,mang dasar maling

  34. hhahahaha……………. malaysia sebenarnya tak punya ap2…. kasi aja angap sedekah dengan maling…. \

    kasian, tak punya SDA, tak punya karya, tak punya SDM, tak punya sgalanya….
    yang ad cma mental pencuri….

  35. anank chole on said:

    wlh2, ngapain kt ribut, malaysia pintar, kt yg bodoh ndak menghargai kekayaan alam Indonesia

  36. GANYANG MALAYSIA broo…… !!!!!!!!!

  37. ganyang apa, mau orang putih ngambil paten, baru padan muka kek…hahaha

  38. Maju Trus INDONESIA-qu...jgn kalah sm MALING.. on said:

    Malaysia lgi…malaysia lgi…hellow…gk malu ap yak…
    Smua org jg tw klo IKAN ARWANA it asli dr INDONESIA bkn dr MALAYSIA…
    Dasar MALING, enak aj lu ngaku2 kepunyaan INDONESIA..
    Gk kreatif bgt sich..
    Malu oy malu…

  39. kanwari parlimbang on said:

    EEhh…orang kita sediri gontok2 an, punya perisden kaya enthung gitu, emang kita hobbynya gebug2 an terus…

  40. sudah jangan ribut,lihat tuuh DPR dan Pemerintah ramai-ramai ganyang uang rakyat,kita mau ganyang siapa brooo…..blegedesss

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: